Back to event list

ICCTF Umumkan Pemenang Media Award dan Greenitiative Challenge 2018 pada ICCTF Day 2018

August, 01 2018
By Admin
Para Pemenang Media Award dan Greenitiative Challenge 2018 pada ICCTF Day 2018

Jakarta, 31 Juli 2018 – Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) menyelenggarakan acara ICCTF Day 2018 di Ruang Rapat Djunaedi Hadisumarto 1-2, Gedung Saleh Afiff Bappenas. Mengusung tema ‘’Best Practices Collaboration on Indonesia Low Carbon Development Plan’’, ICCTF Day 2018 ini bertujuan mensosialisasikan upaya-upaya penanggulangan perubahan iklim yang telah dilakukan ICCTF melalui implementasi program di berbagai daerah di Indonesia dengan dukungan dari Kementerian PPN/Bappenas, United States Agency for International Development (USAID), dan The UK Climate Change Unit (UKCCU).

 

Selain menampilkan pameran hasil capaian program ICCTF dan pameran foto, ICCTF Day 2018 juga menampilkan diskusi panel ‘’Arah Kebijakan dan Potensi Pendanaan untuk Renewable Energy dalam mendukung Low Carbon Development Plan’’, dan talkshow hasil capaian program.

 

Ada yang tidak biasa dalam acara ICCTF Day ini. ICCTF memberikan penghargaan kepada para pemenang kompetisi ICCTF Media Award 2018 dan ICCTF Greenitiative Challenge 2018. Dewan Juri ICCTF Media Award 2018 yang terdiri dari Priyambodo R.H (wartawan senior Kantor Berita ANTARA & LPDS), Emilia Bassar (Ahli PR & Komunikasi Perubahan Iklim), dan M. Budiman (Pemimpin Redaksi Majalah Sains Indonesia) memutuskan pemenang pertama adalah Bagus Supriadi dari Harian Radar Jember Jawa Pos, dengan judul artikel ‘’Melihat Hasil Program Mitigasi Bencana Berbasis Lahan di Wonosari’’, Pemenang kedua adalah Lusia Febriana Arumingtyas dari Mongabay.co.id dengan judul artikel ‘’Para Perempuan di Riau ini Tingkatkan Pendapatan Keluarga dari Lahan Gambut’’, dan pemenang ketiga adalah Christopel Paino, juga dari Mongabay.co.id dengan judul artikel ‘’Energi Terbarukan dan Ancaman Perubahan Iklim di Gorontalo Seperti Apa?’’.

 

Sementara itu, Dewan Juri ICCTF Greenitiative Challenge 2018 yang terdiri atas Jatna Supriatna (Akademisi RCCC-UI), Tiza Mafira (Senior Analyst Climate Change Policy Initiative & Founder Diet Kantong Plastik), dan Melda Wita Sitompul (Managing Director Eco Nusa Foundation) memutuskan pemenang pertama adalah Kemangteer dengan kampanye Silvofishery dan pemenang kedua adalah komunitas dengan kampanye I Love Energi Surya.

 

ICCTF Media Award merupakan sebuah ajang penghargaan karya liputan jurnalis media tentang program-program penanggulangan perubahan iklim, sebagai sarana untuk lebih menggalakkan peran aktif media dalam mengedukasi dan menyebarluaskan informasi penanganan perubahan iklim di Indonesia. Para dewan juri menilai ketiga nama tersebut berhak menjadi juara berdasarkan aspek tematik (kreativitas dan success story), aspek jurnalisme, dan aspek kebahasaan dari 77 buah karya jurnalis media yang terdaftar.

 

Sedangkan ICCTF Greenitiative Challenge merupakan ajang generasi muda dan komunitas peduli lingkungan untuk dapat ikut berkontribusi bersama-sama ICCTF mengkampanyekan upaya-upaya penanganan perubahan iklim sesuai secara kreatif. Dari 23 proposal kampanye komunitas yang terdaftar, dewan juri menilai aspek utilitas, inovasi, ramah lingkungan dan sederhan, keaslian, dan penerapan berkelanjutan menjadi indikator penting dalam menentukan pemenang. Dua komunitas pemenang nantinya berkesempatan untuk mendapatkan dukungan langsung dari ICCTF untuk merealisasikan ide kampanye mereka.

 

Pada acara ICCTF Day ini, baik finalis Media Award dan Greenitiative Challenge menyampaikan pengalaman berkompetisi dan berkarya dalam keikutsertaan mereka di kedua kompetisi tersebut.

 

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dan dukungan untuk semakin meningkatkan kreativitas dan kontribusi generasi muda dalam penanganan perubahan iklim di Indonesia.