August 3, 2021

Penanaman Terumbu Karang dengan Teknik Transplantasi Rock Pile

Tanggal 16-23 Juni 2021, telah dilaksanakan “Penanaman Terumbu Karang dengan Teknik Transplantasi Rock Pile” oleh PKSPL-IPB.

Teknik transplantasi ini memiliki konsep yang sama dengan teknik rangka besi dan teknik rangka PVC, dimana potongan karang direkatkan dengan sebuah media sebagai tempat tumbuh dan berkembang. Teknik rock-pile memanfaatkan batuan ataupun terumbu karang yang sudah mati sebagai media merekatkan potongan karang. Dalam pelaksanaannya, teknik rock-pile merupakan teknik yang paling mudah untuk dilakukan.

Kelompok pengelolaan terumbu karang di Kampung Yensawai sebagai kelompok yang memfokuskan kegiatan mereka dalam menjaga dan melestarikan ekosistem terumbu karang sudah dapat melakukan transplantasi terumbu karang secara mandiri menggunakan teknik rock pile yang dimodifikasi. Kegiatan ini merupakan implementasi dari COREMAP-CTI WB yang dilaksanakan PKSPL-IPB dengan dana hibah ICCTF-Bappenas.


Langkah tersebut merupakan sebuah langkah yang perlu diapresiasi oleh kita semua. Jadi, sudah sejauh mana kamu ikut menjaga lingkungan?


Pantau terus kegiatan kami dan pantau terus pertumbuhan terumbu karangnya ya!