August 6, 2021

Pelatihan Komunikasi Bisnis Dasar

Pada tanggal 28 Juli – 2 Agustus lalu, Yayasan Reef Check Indonesia beserta stakeholder terkait lainnya melakukan pelatihan komunikasi bisnis dasar melalui media sosial untuk pemasaran dan promosi produk masyarakat. Kegiatan ini merupakan implementasi proyek COREMAP-CTI World Bank yang dilaksanakan oleh Reef Check Indonesia dengan hibah yang dikelola ICCTF-Bappenas.

Pelatihan yang dilakukan melalui aplikasi Zoom dan Whatsapp ini, dibuka oleh Imam Fauzi dari Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang, serta Johny Rohi, Kepala Bidang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Disprarekraf turut menjadi narasumber yang memaparkan mengenai Rencana pemasaran/komunikasi wisata alam binatang laut di Nusa Tenggara Timur.

Para narasumber dalam pelatihan komunikasi bisnis dasar ini menyampaikan beragam teori, di antaranya mengenai perkenalan mengenai branding, rencana komunikasi konservasi perairan di TNP Laut Sawu, pengenalan sosial media, teori dasar pembuatan foto dan video untuk promosi via sosial media, hingga etika bermedia sosial.

Setelah seharian mengikuti pelatihan teoritis, peserta diajak untuk berpraktik langsung mengerjakan tugas dari para mentor yaitu pembuatan foto produk sederhana. Metode yang digunakan yaitu foto produk di latar putih. Pada hari selanjutnya, peserta mulai bereksperimen dengan latar dan properti tambahan.