April 12, 2021

Kunjungan Lapangan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Indonesian Coral Reef Garden (ICRG)

Sekretaris Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Sekretaris Utama  Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas, didampingi perwakilan Coral Triangle Center Indonesia, Dinas Kelautan dan Perikanan Provonsi Bali, Indonesia Climate Change Trust Fund, dan kelompok nelayan Yasa Segara Bengiat Nusa Dua, melakukan kunjungan lapangan ke lokasi Indonesia Coral Reef Garden, Nusa Dua pada Selasa, 30 Maret 2021.

Rombongan mendapatkan penjelasan singkat program Indonesia Coral Reef Garden-Pemulihan Ekonomi Nasional (ICRG-PEN) 2020 dan metode Mars Assisted Reef Restoration System (MARRS), dilanjutkan dengan melihat dari atas kapal lokasi ICRG Blok 6 dan melakukan transplantasi karang pada struktur Reef Star di atas kapal.

Kunjungan ini difasilitasi oleh Nusa Dua Reef Foundation, selaku mitra pemerintah dalam ICRG. Kunjungan lapangan ini merupakan rangkaian kegiatan Kick-off program COREMAP-CTI ADB di Provinsi Bali yang telah dilaksanakan pada hari yang sama di The Ritz Carlton Bali. Metode MARRS tersebut rencananya akan diadopsi oleh mitra pelaksana COREMAP-CTI ADB untuk merehabilitasi Coral Reefs di Nusa Penida. Harapannya rehabilitasi ini dapat memperbaiki kondisi ekosistem Coral Reefs dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar terutama mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.