Back to event list

Workshop Penutupan Proyek Mitigasi & Adaptasi ICCTF-USAID 2017

January, 17 2018
By Admin


Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) didirikan sebagai lembaga wali amanat dana perwalian perubahan iklim Indonesia (trust fund) yang akan bertindak sebagai penyalur dana untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penanganan perubahan iklim. Dana perwalian ini dioperasikan dan dikelola oleh Lembaga Wali Amanat yang dibentuk oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS). Tujuan utama dana perwalian adalah untuk mendukung pemerintah Indonesia dan para pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dan membantu Indonesia ke arah ekonomi rendah karbon serta dapat beradaptasi terhadap dampak negatif perubahan iklim. 

 

Peran ICCTF adalah untuk menggalang, mengelola dan menyalurkan pendanaan yang berkaitan dengan penanganan perubahan iklim serta mendukung program pemerintah untuk pengarus-utamaan perubahan iklim ke dalam rencana pembangunan nasional, provinsi, dan daerah. ICCTF juga mendanai pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAN-GRK) dan Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN-API). ICCTF telah mengidentifikasi tiga fokus program (windows) yang mempunyai prioritas tinggi yang tanggap terhadap risiko perubahan iklim yaitu mitigasi berbasis lahan, energi, serta adaptasi dan ketangguhan. 


Pada 19 Juni 2015, ICCTF dengan USAID menandatangani perjanjian kerjasama pelaksanaan program berjudul “USAID Support for Indonesia Climate Change Trust Fund”. Pada program ini, USAID memberikan dukungan pendanaan sebesar 5.000.000 USD untuk pelaksanaan proyek-proyek perubahan iklim dengan fokus mitigasi berbasis lahan serta adaptasi dan ketangguhan dalam rangka mencapai target RAN GRK dan RAN API. ICCTF telah melaksanakan 2 kali seleksi proposal yakni pada bulan Oktober 2015 (tahap I) dan Oktober 2016 (tahap II). Dari seleksi proposal tahap I telah terpilih 15 proyek yang meliputi 8 proyek mitigasi dan 7 proyek adaptasi. Sementara dari seleksi proposal tahap II telah terpilih 16 proyek yang meliputi 12 proyek mitigasi dan 4 proyek adaptasi. Di antara 15 proyek ICCTF-USAID yang terpilih dari seleksi batch I, 6 proyek diantaranya berakhir di tahun 2017.


Berbagai pengalaman dan pembelajaran dari implementasi keenam proyek tersebut sangat penting untuk disosialisasikan ke berbagai pihak. Praktik-praktik yang baik maupun tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan proyek akan menjadi informasi berharga bagi ICCTF maupun pihak lainnya untuk melaksanakan upaya penanganan perubahan iklim. Proyek ICCTF yang dinilai berhasil dan memberikan dampak positif diharapkan dapat di scale-up ataupun direplikasi di wilayah lainnya oleh pihak lainnya. Sebagai bagian dari sikus manajemen proyek serta ekspose dan penjangkauan komunikasi, ICCTF bermaksud menyelenggarakan “Workshop Penutupan Proyek Mitigasi dan Adaptasi ICCTF-USAID Tahun 2017”.

 

Melalui kegiatan ini diharapkan ICCTF dapat menghimpun masukan dan pandangan dari berbagai pihak termasuk pemerintah di tingkat pusat, organisasi masyarakat sipil, akademisi, media serta para pakar di di bidang mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Masukan yang diharapkan utamanya dalam mendukung keberlanjutan dari proyek-proyek ICCTF yang telah selesai sehingga dapat memberikan dampak yang lebih luas dan signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan ini pula diharapkan kontribusi ICCTF terhadap upaya penanganan perubahan iklim nasional dapat diketahui oleh banyak pihak.