Back to event list

ICCTF Latih Seluruh Mitra Pelaksana Proyek Lakukan Perhitungan Capaian Emisi Karbon

March, 15 2018
By Admin
Direktur Lingkungan Hidup Bappenas selaku Sekretaris MWA ICCTF Membuka Kegiatan Pelatihan Perhitungan Capaian Emisi Proyek ICCTF 2010-2018 di Jakarta, didampingi Direktur Eksekutif ICCTF

Jakarta – Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) menyelenggarakan pelatihan penghitungan karbon dan emisi dari proyek-proyek yang didanai ICCTF sejak tahun 2010 hingga 2018 di Hotel Sari Pacific Jakarta, 12 hingga 13 Maret 2018.

Sepanjang tahun 2010-2018, ICCTF mendanai 63 proyek yang tersebar di 27 provinsi dengan pendanaan UNDP, APBN, USAID dan UKCCU. Sebanyak empat puluh lima (45) perwakilan mitra pelaksana dan penerima manfaat ICCTF diundang ke Jakarta untuk mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Hadir sebagai narasumber Dr. Nissa Novita, Dr. Virni dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Reo Audi dari GIZ Paklim, dan ahli dari Sekretariat RAN-GRK.

Kegiatan ini diselenggarakan guna menentukan besaran kontribusi ICCTF dalam penurunan emisi GRK yang berbasis ilmiah dengan metodologi yang terpercaya (credible) dan dapat diandalkan (reliable) serta meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan peserta dalam penghitungan stok karbon dan emisi di lokasi proyek masing-masing.

Emisi dan karbon yang dihitung tidak hanya yang berfokus di lahan gambut, tetapi juga tanah mineral, mangrove dan sektor energi. Termasuk di dalamnya kegiatan-kegiatan revegetasi hutan, pengembangan biogas, serta penguatan ekonomi dan sosial masyarakat lokal. Upaya-upaya penurunan laju deforestasi dan degradasi hutan dan meningkatkan serapan karbon dari atmosfir.