June 18, 2020

Apa dampak utama terhadap ekonomi dan mata pencaharian yang bergantung pada makanan laut global dan lokal?

Belum jelas apakah sektor ini akan mengalami pemulihan cepat atau lambat setelah pandemi berakhir. Sementara beberapa perusahaan makanan laut dapat mengelola atau bahkan mengambil manfaat dari krisis, tingkat konsolidasi industri diharapkan, serta sumber daya ulang. Inovasi digital, pergeseran yang dipercepat menuju aplikasi berbasis web, layanan online dan peningkatan keterlacakan dan keberlanjutan produk adalah beberapa hasil yang mungkin muncul dari krisis.

Di tingkat lokal, nelayan dan pekerja ikan beradaptasi dengan mengubah alat tangkap, menargetkan spesies yang berbeda atau menjual produk mereka ke pasar domestik. Beberapa nelayan, petani ikan, dan pekerja ikan menjual langsung ke konsumen. Sementara inovasi ini akan mendukung masyarakat, terutama perempuan yang beroperasi di sektor pasca panen, pasar domestik memiliki batasan dalam hal permintaan dan harga.

Dalam jangka pendek, gangguan yang mungkin terjadi pada ekonomi dan mata pencaharian bisa berasal dari kekurangan tenaga kerja (hambatan perjalanan, pemutusan hubungan kerja, dan lainnya); penjualan kapal-ke-konsumen langsung; kekurangan input akuakultur (pakan, benih, vaksin); serta memancing (misalnya umpan, es, peralatan, dan lainnya); persaingan untuk mendapatkan sumber dan layanan transportasi (sesuatu yang sudah terjadi di sektor pertanian); dan kurangnya keuangan dan arus kas (keterlambatan pembayaran pesanan masa lalu).