March 5, 2020

KICK OFF COREMAP-CTI Asian Development Bank

ICCTF bersama Bappenas sebagai implementing agency melanjutkan kegiatan Program Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang – Inisiatif Segitiga Karang atau dikenal dengan Coral Reef Rehabilitation and Management Program-Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI). Program Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang – Prakarsa Segitiga Karang (Coral Reef Rehabilitation and Management Program – Coral Triangle Initiative/ COREMAP-CTI) adalah kegiatan untuk menjaga kelestarian terumbu karang Indonesia sembari meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang mengandalkan laut dalam kehidupan mereka.

Program ini merupakan fase ke-3 (tiga) dari rangkaian program Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang / Coral Reef Rehabilitation and Management Program (COREMAP). Diinisiasi pada tahun 1998, program ini merupakan program jangka panjang untuk melestarikan terumbu karang di Indonesia dari praktik penangkapan ikan yang merusak, polusi, dan perubahan iklim.ICCTF diamanatkan melaksanakan Program Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang – Inisiatif Segitiga Karang di dua lokasi yaitu Papua Barat (SAP Raja Ampat, SAP Kep. Waigeo sebelah barat, dan KKPD Raja Ampat) dan Nusa Tenggara Timur dengan fokus area di Taman Nasional Perairan Laut Sawu.

Dengan dana dari Asian Development Bank, program Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang / Coral Reef Rehabilitation and Management Program (COREMAP) ini bertujuan untuk mendukung pengelolaan ekosistem terumbu karang yang berkelanjutan di Bentang Laut Sunda Kecil melalui peningkatan kapasitas untuk mengelola ekosistem terumbu karang di Kawasan Konservasi Laut yang ditargetkan (Marine Protected Areas).