June 3, 2021

Entry Meeting COREMAP-CTI Asian Development Bank

Pelestarian Sumber Daya Kelautan dan Pemanfaatan Berkelanjutan

Kementerian PPN / Bappenas melalui Indonesia Climate Change Trust Fund mengelola dana hibah COREMAP-CTI ADB yang bertujuan guna mendukung efektivitas tata kelola kawasan perairan di tiga lokasi prioritas pengelola kawasan konservasi laut, perencanaan pengelolaan berdasar sumber daya dan sumber penghidupan masyarakat yang berkelanjutan.

Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebagai implementing agency kegiatan COREMAP-CTI atau dikenal dengan Program Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang – Prakarsa Segitiga Karang, program ini merupakan program untuk menjaga kelestarian terumbu karang Indonesia sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang mengandalkan laut dalam kehidupan mereka. Kegiatan Entry Meeting COREMAP-CTI di Nusa Tenggara Barat ini dilaksanakan dalam rangka menyampaikan rencana kegiatan COREMAP-CTI dengan dukungan pendanaan dari Asian Development Bank yang akan dilakukan oleh ICCTF serta mitra pelaksana yang akan mengerjakan 4 (empat) proyek di Taman Wisata Perairan (TWP) Gili Matra dan Taman Pulau Kecil (TPK) Gili Balu-NTB kepada pemangku kepentingan di tingkat nasional maupun daerah.

Lokasi Proyek COREMAP-CTI ADB mencakup tiga kawasan perlindungan laut di Lesser Sunda yang memiliki keanekaragaman hayati kelautan yang tinggi, terdapat 76% spesies karang dan 2,631 spesies ikan karang. Bentang laut (seascape) Lesser Sunda meliputi tiga provinsi di Indonesa and merupakan jalur migrasi keluarga mamalia laut, Cetaceans dan juga 6 spesies penyu dari Samudra Hindia menuju Samudra Pasifik. Melalui proyek ini, dua propinsi yang menjadi lokasi sasaran yaitu Propinsi Bali dan Propinsi NTB mengelola efektivitas tata kelola kawasan konservasi laut atau Kawasan Konservasi Perairan (KKP) di Nusa Penida-Bali, Gili Matra dan Gili Balu-Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan Entry Meeting COREMAP-CTI Asian Development Bank: Pelestarian Sumber Daya Kelautan dan Pemanfaatan Berkelanjutan dilaksanakan pada:
🗓️ Hari/Tanggal : 4 Maret 2021
⏰ Waktu : 09.00 WITA-selesai