Library

Proceeding Kick Off COREMAP – CTI ADB Provinsi Bali & Nusa Tenggara Barat

  June 29, 2021

Click here to download Proceeding Kick Off COREMAP-CTI ADB Provinsi Bali & Nusa Tenggara Barat

Ulasan singkat:

Coral Reef Rehabilitation and Management Program – Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI) merupakan salah satu upaya nyata dari Pemerintah Indonesia untuk menjaga kelestarian sumber daya laut dan pesisir sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Program strategis ini akan menghasilkan model inovasi pembangunan terutama dalam pengelolaan ekosistem pesisir dan laut secara berkelanjutan serta mendukung upaya penanganan dampak perubahan iklim di sektor kelautan dan perikanan.

Kegiatan Kick Off COREMAP-CTI ADB ini dilaksanakan dalam rangka meresmikan pelaksanaan kegiatan di Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Barat serta memperkenalkan kegiatan-kegiatan yang akan di lakukan di bawah program COREMAP-CTI dengan dana hibah dari Asian Development Bank (ADB).

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai kalangan dari pemerintah (pusat dan daerah), masyarakat sipil dan lokal, akademisi, serta civil society organization (cso). Keterlibatan pihak-pihak tersebut sangat penting untuk memberi masukan dalam mendesain konsep rumusan kebijakan dan langkah strategis yang dapat dijalankan untuk memperkuat implementasi pelaksanaan COREMAP – CTI ADB.

Melalui proyek COREMAP-CTI ADB ini, dua provinsi yang menjadi lokasi sasaran yaitu Provinsi Bali dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengelola efektivitas tata kelola kawasan konservasi laut atau kawasan konservasi perairan (KKL) di Nusa Penida-Bali, Gili Matra dan Gili Balu-NTB.

Guna mendukung efektivitas tata kelola kawasan perairan di tiga lokasi tersebut, maka Indonesia Climate Change Trust Fund mengelola dana hibah COREMAP-CTI ADB yang bertujuan untuk mendukung pengelola kawasan konservasi laut, perencanaan pengelolaan berdasar sumber daya dan sumber penghidupan masyarakat yang berkelanjutan.

© Copyright Indonesia Climate Change Trust Fund 2020.