Kembali ke Blog

Buku Kajian Resiko Adaptasi YEU (Giriasih dan Giricahyo)

01 Januari 2018
By Admin
Buku Kajian Resiko Adaptasi YEU (Giriasih dan Giricahyo)

Pendekatan berbasis komunitas atau desa merupakan salah satu bagian penting untukmemperkuat aksi atau program adaptasi perubahan iklim. Memastikan risiko, kerentanan dan menguatkan ketangguhan yang melibatkan secara langsung dari hulu ke hilir di tingkat aksi adaptasi akan membangun rasa memiliki program dan menjamin keberlangsungan setelah program adaptasi selesai.

ProgramYEU-ICCTF telah memilih pendekatan ini untuk memastikan bahwa kegiatan adaptasi benar-benar tepat pada sektor atau wilayah dengan risiko tinggi danmemiliki dampak langsung ke komunitas. Pengembangan analisis risiko berbasis komunitas menjadi sangat penting karena sebagian besar dari perilaku atau aksi adaptasi terutama di tingkat tapakberhubungan eratdengan tuntutanperubahan paradigma (paradigm shift)masyarakat terhadap lingkungan fisik, biotik dan kultural, oleh karena itu keterlibatan komunitas dalam pendekatan yang YEU-ICCTF pilih sangat membantu efektifitas program adaptasi.

Selain pendekatan tingkat kebijakan (dan anggaran pembangunan), adaptasi pada tingkat kelompok rentan masih sangat tergantung pada inisiatif komunitas. Pola umum yang terjadi pada level kebijakan biasanya membutuhkan proses perubahan terkait adaptasi yang lebih lama, sehingga short cut melalui aksi langsung ke komunitas masih akan dibutuhkan. Namun demikian, program adaptasi masih akan selalu membutuhkan kajian risiko dan kerentanan perubahan iklim dimanapun dan sampai kapanpun seperti pembelajaran dalam buku ini, untuk menjamin bahwa kegiatan adaptasi memenuhi aspek standar (sebagaimana instrumen adaptasi yang dikembangkan ICCTF) yang dapat dipertanggungjawabkan sebagai program spesifik adaptasi perubahan iklim.?

Tentu saja selain manfaat yang diharapkan,ada jugakekurangan dalam buku ini, sehinggamasukan dan saran dengan senang hati selalu kami tunggu terkait pembelajaran analisis risiko dan kerentanan adaptasi.


Klik link dibawah ini untuk Download

1. Buku Kajian Resiko Adaptasi YEU di Giriasih

2. Buku Kajian Resiko Adaptasi YEU di Giricahyo