June 16, 2020

Kemaritiman, Perikanan, dan Kelautan Dalam Rencana Pembangunan Nasional

“Kebijakan Pemerintah untuk sektor kemaritiman, perikanan dan kelautan akan selalu berpihak pada masyarakat. Mengelola ekosistem kelautan dan pemanfaatan jasa kelautan secara berkelanjutan; Meningkatkan produksi, produktivitas, standardisasi, jaminan mutu dan keamanan produk kelautan dan perikanan adalah salah satu langkah nyata Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang kuat,” ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa secara darling, Rabu, 10 Juni 2020.

Hal ini menjadi bahasan sebagai pembicara dalam Kuliah Umum Pembangunan Nasional yang mengambil tema “Pemuda dan Pembangunan Kemaritiman Berkelanjutan Berbasis Teknologi Industri 4.0 Menuju Indonesia Maju”.

Sektor kemaritiman, perikanan dan kelautan merupakan salah satu prioritas Pemerintah Indonesia di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Pembangunan sektor kemaritiman dan kelautan ini mencakup aspek yang sangat luas dan komprehensif, sehingga dalam implementasinya membutuhkan adanya sinergi lintas pelaku dan keterkaitan antar program yang kuat.

Dalam kuliah umum yang dilakukan secara digital ini, Menteri Suharso Monoarfa menyampaikan visi-misi dan arahan Presiden yang terdiri dari Pembangunan SDM, Pembangunan Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi, Penyederhanaan Birokrasi, dan Transformasi Ekonomi yang diterjemahkan ke dalam 7 Agenda Pembangunan RPJMN 2020-2024.

Ketujuh Agenda Pembangunan tersebut ialah, Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan Berkualitas dan Berkeadilan ; Pengembangan Wilayah untuk Mengurangi Kesenjangan ; SDM Berkualitas dan Berdaya Saing ; Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan ; Infrastruktur untuk Ekonomi dan Pelayanan Dasar ; Lingkungan Hidup, Ketahanan Bencana, dan Perubahan Iklim; serta Stabilitas Polhukhankam dan Transformasi Pelayanan Publik.

Selain membahas tentang Agenda Pembangunan Nasional, dalam kuliah umum ini, Menteri Suharso juga membahas tentang sejumlah isu-isu strategis yang berkaitan tentang kemaritiman, perikanan dan kelautan yang menjadi satu dari sekian program strategis di RPJMN 2020-2024.

Menurut Menteri Suharso, dalam RPJMN 2020-2024, Pemerintah Indonesia akan mengambil langkah-langkah yang berpihak pada masyarakat seperti mengelola ekosistem kelautan, meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM.

Sumber artikel: infokabinet.id