October 7, 2018

Penguatan Produktivitas Perkebunan dan Peternakan Masyarakat di Lahan Kering dengan Model Sistem Irigasi Tetes Berbasis Sumber Energi dari Solar Sell

Mitra pelaksana: LPPM University of Mataram
Lokasi: Lombok Utara-NTB
Periode: April-Nov 2016

Keluaran: 

  1. Beroperasinya sistem instalasi panel surya (kapasitas 2400 Wp) beserta pompa submersible dengan kapasitas 84 m3 per hari untuk mengangkat air sungai ke tangki atas.
  2. Beroperasinya sistem irigasi tetes beserta sistem perpipaan untuk mengaliri lahan seluas 4-5 hektar serta terpasang 3 tangki 1200 liter beserta sistem perpipaan untuk kebutuhan peternakan di beberapa kelompok petani.
  3. Terbentuk perkebunan holtikultural berupa 10-20 buah demplot tanaman papaya dan cabe dewata pada lahan seluas 1 (satu) hektar.
  4. Terbentuk kelompok masyarakat tani yang mengerti mengenai teknologi solar sell beserta sistem perpipaan lahan kering dan penyiraman tanaman dengan irigasi tetes serta memiliki penguasaan cara tanam holtikultural tanaman pepaya California dan cabe dewata serta mengerti tentang penanaman dan pemeliharaan tanaman dengan pupuk organik serta cara membuat pupuk organik baik yang padat maupun cair sehingga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pupuk kelompok tani itu sendiri.
  5. Terbentuk usaha mikro kecil menengah masyarakat berbasis perkebunan holtikultural.