October 7, 2018

Ketahanan Pangan dan Ekonomi Berbasis Rumah Tangga Rentan untuk Adaptasi dan Ketangguhan terhadap Dampak Perubahan Iklim

  • Implementing partner: Yayasan Baileo Maluku
  • Location: Kep. Aru – Maluku
  • Period: Mar 2017-Jun 2018

Output:

    1. Dokumen hasil kajian tentang kapasitas dan kerentanan terhadap perubahan iklim dan baseline pendapatan/ ekonomi masyarakat di tiap desa.
    2. Dokumen rencana stategi adaptasi dan ketangguhan terhadap perubahan iklim, yang termuat dalam rencana dan kebijakan-kebijakan pemerintah desa yang terintegrasi dengan program-program pemerintah kabupaten.
    3. 12 unit budidaya ikan keramba untuk mendukung pengembangan perikanan yang mendorong mata pencaharian alternatif bagi 60 rumah tangga, dan Lahan pengembangan tanaman pangan lokal singkong, ubi jalar dan pisang oleh 100 rumah tangga ditanami seluas 10 hektar.
    4. Workshop budidaya ikan keramba yang tangguh sejumlah 3 kali dan workshop pengembangan tanaman pangan lokal, singkong, ubi jalar dan pisang sejumlah 5 kali beserta pembuatan buku panduan workshop.
    5. Dokumentasi hasil-hasil program berupa satu video, buku, dan publikasi lainnya yang dapat diakses sebagai pembelajaran untuk pengembangan.